5 Cara Mencegah Penyebaran Covid-19 di Proyek Konstruksi

5 Cara Mencegah Penyebaran Covid-19 di Proyek Konstruksi

86

Covid-19 Virus corona

Akhir – akhir ini penduduk dunia di ramaikan dengan virus berbahaya yang berasal dari wuhan, yaitu Virus Corona atau Covid-19. Menurut Berita dari CNN Indonesia Di indonesia sendiri Update terakhir Tanggal 5 April 2019 Kasus positif 2.273 orang,1.911 orang dirawat,  198 orang meninggal dunia, 164 orang sembuh. Berbagai macam hal dilakukan demi mengurangi penularan virus ini dengan dilakukannya Social Distancing, atau menjaga jarak sosial antar manusia. Bagi seseorang yang selalu melakuan pekerjaan diluar rumah seperti Profesi kita yang banyak dilakukan di Lokasi Proyek atau di kantor sangat sulit memang untuk  melakukan Sosial Distancing. Disini kami akan memberi beberapa cara sederhana yang mungkin dapat mencegah penyebaran virus corona di lingkungan kita.

5 Cara Mencegah Penyebaran Covid-19 / Virus Corona

1. Sering Mencuci Tangan

Cara pertama yang dapat Kita lakukan untuk mencegah (Covid-19) virus corona adalah rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang menjadi sumber penyakit. Itu dikarenakan tangan selalu menjadi anggota tubuh pertama yang menyentuh sesuatu dan mudah bagi virus menempal ditangan.

Anjuran dari (WHO) Organisasi Kesehatan Dunia, Cuci tangan minimal 20 detik untuk membunuh virus corona menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan kain yang bersih atau tisu. Cara pencegahan yang satu ini dianggap lebih efektif untuk membunuh kuman, bakteri, termasuk virus corona.

2. Memakai Masker

Menurut keterangan dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) Virus corona tidak menyebar melalui udara. Tapi penggunaan masker dapat meminimalisir penularan virus corona. Sebab, virus corona dapat menyebar melalui droplets dan dapat masuk ke dalam tubuh melalui selaput lender seperti mata, mulut, dan hidung.

Masker juga dapat digunakan ketika seseorang dalam kondisi yang kurang sehat. Pemerintah sendiri telah mewajibkan masyarakat menggunakan masker ketika keluar rumah. Sekarang harga dari masker medis sendiri melonjak tinggi, masyarakat bisa menggunakan masker kain yang jika sudah dipakai bisa dicuci dengan sabun hingga bersih.

Baca Juga, Beton Berpori Solusi Untuk Meningkatkan Daerah Resapan

3. Jangan Sentuh Area Wajah

Dari cara yang pertama telah diketahui bahwa tangan dapat menjadi sumber penyakit yang paling besar karena sering terjadi kontak dengan benda maupun orang lain. Sementara itu, (Covid-19) virus corona disinyalir dapat masuk tubuh manusia melalui segitiga wajah yakni mata, hidung, dan mulut.

Maka dari itu, hindari untuk menyentuh wajah menggunakan tangan. Apabila terpaksa harus menyentuh wajah, maka pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun.

4. Jaga Bersin & Batuk Kalian

Jaga bersin dan batuk kalian dengan benar menggunakan siku tangan bagian dalam atau tisu bersih. Sebab, cairan yang diproduksi pada saat batuk dan bersin tersebut dapat menjadi media penularan virus corona. Jangan sampai kalian menularkan virus corona (Covid-19) ke keluarga, teman, rekan kerja kalian. Apabila Anda menggunakan tisu, maka segera buang ke tempat sampah dan cuci tangan menggunakan sabun hingga bersih dan kering kembali.

Baca Juga, Acian Retak Berikut Hal Penting Dalam Pengacian

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Pencegahan tidak hanya dilakukan di luar jaringan tubuh saja namun kalian juga perlu melakukan tindakan pencegahan dari dalam tubuh kalian. Caranya dengan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai virus termasuk virus corona covid-19.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit sehari, mengonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan berjemur tiap hari selama 30 menit pada jam 10 pagi.

Dengan 5 cara sederhana di atas, maka Kalian bisa menjaga tubuh agar terhindar dari virus corona yang kian mewabah. Semoga kita semua sehat selalu & dijauhkan dari wabah penyakit Virus Corona (Covid-19) ini. yang terpenting kita senang tiasa selalu berdoa agar wabah ini cepat selesai dari negeri kita. Terima kasih atas kunjungan kalian, bila ada saran bisa kalian sampaikan di kolom komentar.

Sumber: dari berbagai sumber dan website resmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *