Acian Retak ?? Berikut Hal Penting Dalam Pengacian

Acian Retak ?? Berikut Hal Penting Dalam Pengacian

Acian Retak

Proses pengerjaan pengacian merupakan finishing yang dilakukan untuk membuat permukaan dinding menjadi lebih rata. Meski terlihat mudah, namun hasil pengacian pada dinding (acian dinding) tidaklah semulus yang Anda perkirakan. Terkadang, saat proses pengacian tebal dan tipis permukaannya tidaklah rata. Bahkan, permukaan hasil aciannya menggelembung karena adonan yang digunakan lebih banyak komposisi semennya.

Adukan acian

Membuat adonan acian kurang lebih sama halnya dengan membuat adonan kue, yang menuntut penggunaan bahan-bahan yang tepat dalam takaran yang pas. Mungkin ini sebabnya, seringkali hanya tukang-tukang berpengalaman yang mampu menghasilkan acian beton kuat halus. Mereka telah memahami karakter setiap material yang digunakan, formula campuran yang tepat dan metode pengaplikasian yang benar.

Baca Juga,Tutorial Cara Install Software Sap 2000 v20.2

Setiap tukang memiliki perhitungan, trik dan cara mengaci tembok masing-masing, untuk menghasilkan acian tembok yang memuaskan. Ada yang menggunakan plamir untuk menutup retak pada acian setelah kering. Ada pula yang mencampur semen dengan mill atau kapur halus agar acian lebih mudah diaplikasikan dan mengurangi retak.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses acian:

  • Hal pertama dalam proses acian dinding yang harus Anda perhatikan adalah plesteran pada dinding rumah yang mau Anda aci. Aplikasi acian sangat tergantung dari kualitas plesteran. Kualitas plesteran yang baik akan menghasilkan acian dinding tembok rumah yang baik pula.
  • Kandungan dari pasir plesteran harus baik dan bermutu. Jika pasir yang digunakan untuk plesteran mengandung lumpur terlalu tinggi, maka akan terjadi penyusutan sehingga plesteran akan retak yang berakibat retak dinding tembok rumah.

Baca Juga, Agregat Kasar Untuk Campuran Beton

  • Umur dari plesteran itu sendiri. Seharusnya acian dinding dilakukan pada plesteran berumur 2-3 minggu untuk dinding dalam sedangkan untuk dinding luar bisa lebih cepat (2 minggu). Apabila acian terlalu cepat dilakukan maka dapat menimbulkan retak pada acian.
  • Ketebalan dari acian. Tebal acian juga mempengaruhi kulitas hasilnya. Tebal acian seharusnya adalah 1-3 mm. Jika kurang dari 1 mm akan mengering terlalu cepat. Apabila lapisan pertama kurang dari 1 mm maka sebelum lapis pertama tersebut kering harus dilakukan lapis berikutnya sampai minimal 1 mm.

Bila Anda semua memerhatikan setiap detail dari suatu pekerjaan pasti akan menghasilkan hasil yang berkualitas baik dan bagus. Pemilihan bahan yang bagus pun dapat menentukan hasil acian baik atau tidaknya.

2 thoughts on “Acian Retak ?? Berikut Hal Penting Dalam Pengacian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *