7 Cara Gampang Untuk Cek Kualitas Semen Di Proyek

7 Cara Gampang Untuk Cek Kualitas Semen Di Proyek

  1. Test Apung

Dalam test apung ini anda bisa mengambil sedikit cement lalu taruh ke ember yang berisikan air. Jika cement mengapung, itu berarti kualitas cement kurang bagus karena harusnya zat sement lebih berat dari air dan mestinya cement tenggelam. Bila cement langsung tenggelam berarti kualitasnya bagus.

  1. Tanggal Pembuatan

Kualitas cement berkurang seiring waktu. Jadi penting untuk memeriksa tanggal pembuatannya sebelum menggunakannya. Umumnya cement harus digunakan sebelum 3 bulan sejak tanggal pembuatan. Persentase kehilangan kekuatannya di detailkan di tabel berikut :

Umur Portland Cement

% Penerunun Kekuatannya

3 Bulan 20-30
6 Bulan 30-40
12 Bulan 40-50

 

  1. Test Tekstur

Test Tekstur merupakan test fisik lainnya yang bisa anda lakukan dilokasi proyek. Dalam test ini anda bisa mengambil sejumlah cement menggunakan tangan atau jari saja. Jika cement terasa tekstur halus saat di sentuh itu berarti kualitasnya masih bagus. Karena ukuran zat cement masih utuh dan belum rusak. Jika cement terasa kasar itu berarti kualitasnya sudah kurang baik dan harus ditolak.

  1. Test Kuat

semen

Dalam test ini anda bisa membuat kubus beton dalam dimensi 25mm x 25mm x 200mm. Kubus lalu di rendam selama 7 hari setelah itu di test. Semen dengan kualitas baik harusnya mampu menahan beban setidaknya 340 N tanpa kegagalan.

Sekian info dan pengetahuan yang bisa kami sampaikan, bila ada saran, masukan, request, kritik. bisa melalui kolom komentar atau langsung hubungi kami via kontak. Terima Kasih

One thought on “7 Cara Gampang Untuk Cek Kualitas Semen Di Proyek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *