Beton Tulangan Bambu ? Bahan Efektif Pengganti Baja

Beton Tulangan Bambu ? Bahan Efektif Pengganti Baja

tulangan-bambu

Beton Tulangan Bambu

Negara – negara berkembang memiliki permitaan tinggi terhadapa beton bertulang baja, tetapi seringkali tidak memiliki pasokan yang baik dari material bajanya itu sendiri. Daripada harus mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk mengimpor bahan material baja dari negara – negara maju. Salah satu lembaga penelitian Singapura, “Future Cities Laboratory” menyarankan alternatif yang cukup baik untuk mengganti tulangan baja. Lembaga tersebut menyarankan menggunakan bambu. Bambu yang melimpah, berkelanjutan dan memiliki potensi dimasa depan untuk menjadi bahan pengganti yang ideal di tempat dimana baja sangat susah didapat namun bahan bambu yang berlimpah. Dalam uji kuat tarik, bambu mengungguli sebagian besar material lain, termasuk baja. Ini melalui tahapan ujian berbeda melalui struktur berongga, tabung, dll.

Kelebihan Tulangan Bambu

Bahan bambu juga pertumbuhannya bisa dibilang sangat cepat dan murah. Selain memanfaatkan sebagai tulangan beton, bambu juga bisa digunakan untuk memperkuat dinding bata.Walaupun bangunan dengan bahan bambu terkesan reot dan tidak kokoh. Selain itu, karena deformasi besar sehingga kelihatan kumuh. Padahal bangunan dengan konstruksi bambu lebih tahan gempa dibanding rumah dengan batu bata. Tapi bila ditutupi dengan beton maka bangunan tersebut akan terlihat lebih rapi.

Baca Juga, Materi Kuliah Struktur Beton Bertulang

Beberapa Hal yang Mesti Diperhatikan

Memang, terlepas dari semua manfaatnya. Masih ada beberapa yang harus dilakukan untuk mengatasi keterbatasan bambu.  Tetapi untuk saat ini tulangan bambu hanya bisa dipakai itu bangunan jalan desa, tulangan plat lantai rumah, dll. Sebelum digunakan bangunan dengan konstruksi bambu lebih tahan gempa dibanding rumah dengan batu bata.

Download juga, Ebook Teknik Sipil – Struktur Kayu

Pelaksanaan Beton Tulangan Bambu

tulangan-bambu

Dalam pelaksanaan nya sendiri beton dengan tulangan bambu sedikit ada perbedaan. Rasio semen-air memegang peranan penting dalam kekuatan dan daya tahan beton bertulang. Bambu yang menjadi bahan bangunan alami memiliki khasiat menyerap air seperti yang telah dibahas sebelumnya. Penyerapan air menyebabkan pembengkakan bambu. Dengan demikian, proporsi campuran beton untuk beton bertulang bambu harus memiliki rasio air semen serendah mungkin.

Baca Juga, Ebook Teknik Sipil

Hal ini juga harus dipertimbangkan untuk menggunakan beton dengan kekuatan semen awal yang tinggi untuk meminimalkan retakan akibat pembengkakan bambu. Desain campuran beton dapat disesuaikan dengan kebutuhan kekuatan untuk struktur, sebagaimana desain struktural. Karena penggunaan penguat tidak berpengaruh terhadap kebutuhan kekuatan tekan beton, proporsi campuran beton bertulang bambu dapat sama dengan desain campuran beton bertulang baja.

 

3 thoughts on “Beton Tulangan Bambu ? Bahan Efektif Pengganti Baja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *