Kegagalan yang Sering Terjadi Pada Kolom

Kegagalan yang Sering Terjadi Pada Kolom

kegagalan-kolom

Kolom merupakan bagian dari struktur bangunan yang mengalami tekanan secara aksial. Kolom mempunyai beban sendiri dan beban yang ada di atasnya. Umumnya, bebah mengarah melalui arah longitudinal. Kolom dikategorikan berdasarkan ketinggiannya. Kolom terdiri dari dua bahan utama yaitu beton dan tulangan baja. Seorang Engineer akan menghitung total gaya yang akan diakibatkan oleh beban hidup ( Live Load ) dan beban mati ( Dead Load ) seluruh bangunan agar dapat menentukan dimensi dan bentuk dari Kolom itu sendiri. Jika tegangan yang diterapkan melebihi tegangan yang diijinkan maka struktur mulai mengalami kegagalan struktur.

Baca Juga, Kini Kota Terapung Menjadi Kenyataan!! Terealisasikan di 2020

Beberapa jenis Kegagalan pada Kolom :

  1. Kegagalan Tekan
  2. Kegagalan Tekuk
  3. Kegagalan Geser

Kegagalan Tekan

kegagalan-kolom

Ketika kolom diberi gaya secara aksial, maka beton dan baja akan mengalami gaya tekan. Ketika gaya yang diberikan lebih besar jumlahnya dibanding dengan luas penampang kolom, maka kolom akan mencapai tegangan leleh dan lalu mulai deformasi. Dalam kegagalan jenis ini biasanya terjadi di sebagian kecil kolom, tidak menyeluruh. Kegagalan jenis ini sebagian besar terjadi pada kolom yang lebih pendek dan lebar. Untuk menghindarinya, kolom bisa dibuat dengan luas penampang yang cukup dibandingkan dengan beban yang diijinkan.

Download Juga, Download Google Earth Pro 7.3.2.5

Kegagalan Tekuk

kegagalan-kolom

Kegagalan Tekuk umunya terjadi pada kolom yang tinggi. Karena kolom sangat ramping, yang membuat daya dukung kolom berkurang sangat banyak. Kolom cenderung menjadi tidak stabil dan mulai melengkung ke samping bahkan walaupun di beri beban yang kecil. Itu berarti material didalam kolom yaitu beton dan baja sudah mencapai tegangan lelehnya. Walaupun diberi beban kecil kolom akan mulai gagal karenan tekuk lateralnya. Jenis kegagalan ini dapat dihindari dengan tidak membuat kolom yang tinggi dengan rasio kelangsingan lebih besar.

Baca Juga, Bagaimana cara menggunakan alat ukur Theodolite

Kegagalan Geser

kegagalan-kolom

Dalam dunia Teknik Sipil, kekuatan geser adalah kekuatan suatu bahan atau komponen terhadap hasil atau kegagalan struktur. Beban geser adalah gaya yang cenderung menghasilkan kegagalan geser pada material sepanjang bidang yang sejajar dengan arah gaya.

One thought on “Kegagalan yang Sering Terjadi Pada Kolom

  1. Tidak dijelaskan thd pengaruh mutu beton dan baja tulangan, krn kuat tekan beton dan bsja tulangan sangat besar andilnya terhadap kegagalan struktur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *