Materi Kuliah Bangunan Irigasi

Materi Kuliah Bangunan Irigasi

Bangunan Irigasi merupakan salah satu mata kuliah inti di jurusan teknik sipil. Jika kemarin kami menshare Rekayasa Irigasi hanya sebatas perencanaan daerah irigasi nya saja. Kali ini Di dalam mata kuliah Bangunan Irigasi mahasiswa akan mempelajari ruang lingkup bangunan yang ada di irigasi seperti:

  1. Bangunan Utama

Bangunan utama dimaksudkan sebagai penyadap dari suatu sumber air untuk dialirkan ke seluruh daerah irigasi yang dilayani. Berdasarkan sumber airnya, bangunan utama dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kategori:

  • Bendung
  • Pengambilan bebas
  • Pengambilan dari waduk
  • Stasiun pompa
  1. Bangunan Pembawa

Bangunan pembawa mempunyai fungsi mernbawa / mengalirkan air dari surnbemya menuju petak irigasi. Bangunan pembawa meliputi saluran primer, saluran sekunder, saluran tersier dan saluran kwarter. Termasuk dalam bangunan pembawa adalah talang, gorong-gorong, siphon, tedunan dan got miring.

Baca Juga : Materi Kuliah Struktur Baja

  1. Bangunan Bagi dan Sadap

Bangunan bagi merupakan bangunan yang terletak pada saluran primer, sekunder dan tersier yang berfungsi untuk membagi air yang dibawa oleh saluran yang bersangkutan. Khusus untuk saluran tersier dan kuarter bangunan bagi ini masing-masing disebut boks tersier dan boks kuarter. Bangunan sadap tersier mengalirkan air dari saluran primer atau sekunder menuju saluran tersier penerima.

  1. Bangunan Pengatur dan Pengukur

Agar pemberian air irigasi sesuai dengan yang direncanakan, perlu dilakukan pengaturan dan pengukuran aliran di bangunan sadap (awal saluran primer), cabang saluran jaringan primer serta bangunan sadap primer dan sekunder.

  1. Bangunan Drainase

Bangunan drainase dimaksudkan untuk membuang kelebihan air di petak sawah maupun saluran. Kelebihan air di petak sawah dibuang melalui saluran pembuang, sedangkan kelebihan air disaluran dibuang melalui bangunan pelimpah.

Baca Juga : Materi Kuliah Rekayasa Irigasi

  1. Bangunan Pelengkap

Sebagaimana namanya, bangunan pelengkap berfungsi sebagai pelengkap bangunan-bangunan irigasi yang telah disebutkan sebelumnya. Bangunan pelengkap berfungsi untuk memperlancar para petugas dalam eksploitasi dan pemeliharaan.

Download Juga, Materi Kuliah Statistika dan Probabilitas

Kalian bisa Download Materi Kuliah Bangunan Irigasi disini Gratis :

Download Disini

Terima Kasih atas kunjungannya bila ada request atau saran bisa anda sampaikan lewat kolom komentar.

Semoga bermanfaat bagi semua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *