Materi Kuliah Teknik Sipil Mekanika Bahan

Materi Kuliah Teknik Sipil Mekanika Bahan

Mekanika bahan merupakan Bagian dari Ilmu Teknik Sipil. Ilmu yang mempelajari kaidah fisika tentang perilaku – perilaku suatu bahan apabila dibebani, terutama yang berkaitan dengan masalah gaya – gaya dalam yang terjadi pada bahan tersebut beserta turunan – turunannya. Mekanika bahan ini berhubungan erat dengan tegangan dan regangan. Hal tersebut disebabkan karena tegangan dan regangan merupakan konsep penting dalam peninjauan, baik peninjauan kekuatan maupun peninjauan kekakuan. Kedua hal tersebut merupakan hal pokok yang tidak dapat dipisahkan dari bekerjanya suatu beban terhadap suatu bahan.

Download Juga, Software SAFE 2016

Definisi Tegangan adalah gaya per satuan luas, dimana gaya yang dimaksud disini adalah gaya‑gaya dalam, yaitu gaya yang terjadi didalam suatu bahan akibat perlawanan bahan untuk mengimbangi gaya‑gaya luar. Umumnya gaya dalam yang bekerja pada luas yang kecil tak berhingga pada sebuah potongan, akan terdiri dari bermacam‑macam besaran dan arah.

Dalam Mekanika Bahan, intensitas dari gaya‑gaya dalam ini harus ditentukan dalarn berbagai bagian dari potongan, sebagai perlawanan dari Deformasi , sedangkan kernampuan bahan untuk menahan gaya tersebut tergantung pada intensitas ini.

Download Juga, Materi Kuliah Manajemen Konstruksi dan Proyek

Kalian bisa Download Materi Kuliah Mekanika Bahan disini Gratis :

Besaran Karakteristik Penampang

Buku Ajar Mekanika Bahan

Mekanikan Bahan Jilid 1 Edisi Ke Empat

Material Baja Sebagai Bahan Struktur

Lebih banyak lagi

Terima Kasih atas kunjungannya bila ada request atau saran bisa anda sampaikan lewat kolom komentar.

Semoga bermanfaat bagi semua

One thought on “Materi Kuliah Teknik Sipil Mekanika Bahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *