Materi Kuliah Lapangan Terbang [Download Gratis]

Materi Kuliah Lapangan Terbang [Download Gratis]

Lapangan Terbang salah satu mata kuliah yang ada di tingkat akhir jurusan Teknik Sipil. Lapangan Terbang berada di bagian akhir – akhir semester dikarenakan memerlukan pemahaman terlebih dahulu dari para mahasiswa. Para mahasiswa terlebih dahulu perlu memahami tentang beberapa mata kuliah sebelum mengambil mata kuliah Lapangan Terbang seperti Beton, Perkerasan Jalan, dan sebagainya. Lapangan Terbang juga biasa disebut dengan kata Landasan Pacu.

Panjangnya landas pacu biasanya tergantung dari besarnya pesawat yang dilayani. Untuk bandar udara perintis yang melayani pesawat kecil, landasan cukup dari rumput ataupun tanah diperkeras (stabilisasi). Panjang landasan perintis umumnya 1.200 meter dengan lebar 20 meter, misal melayani Twin Otter, Cessna, dll. Pesawat kecil berbaling – baling dua (umumnya cukup 600-800 meter saja). Sedangkan untuk bandar udara yang agak ramai dipakai konstruksi aspal, dengan panjang 1.800 meter dan lebar 30 meter.

Download Juga, Materi Kuliah Hidrologi

Pesawat yang dilayani adalah jenis turbo-prop atau jet kecil seperti Fokker-27, Tetuko 234, Fokker-28, dan sebagainya. Pada bandar udara yang ramai, umumnya dengan konstruksi beton dengan panjang 3.600 meter dan lebar 45-60 meter. Pesawat yang dilayani adalah jet sedang seperti Fokker-100, DC-10, B-747, Hercules, dan lain sebagainya. Bandar udara international terdapat lebih dari satu landasan untuk antisipasi ramainya lalu lintas.

Download Materi Kuliah Lapangan Terbang Disini Gratis :

Rencana Pengembangan Bandar Udara

Uji Lapangan Pada Tanah Apron

Analisis Perpanjangan Landasan Pacu

Yang Lainnya

Terima Kasih atas kunjungannya bila ada request atau saran bisa anda sampaikan lewat kolom komentar.

Semoga bermanfaat bagi semua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *