Materi Kuliah Hidrologi [Download Gratis]

Materi Kuliah Hidrologi [Download Gratis]

Hidrologi adalah ilmu yang membicarakan tentang air yang ada dibumi yaitu mengenai kejadian, perputaran dan pembagiannya, sifat fisika dan kimia serta reaksinya terhadap lingkungan termasuk hubungan dengan kehidupan. Siklus hidrologi adalah peredaran air dari laut ke atmosfer melalui penguapan, kemudian akan jatuh pada permukaan bumi dalam bentuk hujan, yang mengalir didalam tanah dan diatas permukaan tanah sebagai sungai yang menuju ke laut. Siklus hidrologi terdiri dari 9 tahap yakni:

9 Tahap Siklus Hidrologi

  • Evaporasi : penguapan. Penguapan yang pertama terjadi ada di bumi yakni penguapan di samudera, laut, danau, rawa, sungai maupun bendungan dan beberapa tempat lain di permukaan bumi.
  • Transpirasi : juga penguapan, hanya saja bukan dari samudra atau sungai tetapi dari makhluk hidup. Penguapan ini terjadi pada jaringan makhluk hidup baik hewan ataupun tumbuhan.
  • Evapotranspirasi : penggabungan dari evaporasi dan transpirasi. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa ini adalah penguapan air secara total dari permukaan bumi dan jaringan makhluk hidup.

Download Juga, Materi Kuliah Drainase

  • Sublimasi : proses berubahnya es di kutub atau pada puncak gunung menjadi uap air tanpa melalui proses mencair terlebih dahulu.
  • Kondensasi : proses uap air berubah menjadi partikel es.
  • Adveksi : proses perpindahan awan dari satu titik ke titik yang lain, tetapi masih dalam satu horizontal.
  • Presipitasi : proses mencairnya awan hitam diakibatkan oleh adanya pengaruh suhu udara yang tinggi.
  • Run Off : awan sudah mengalami proses presipitasi, maka air tersebut akan mengalami proses yang disebut run off. Run off atau limpasan merupakan proses pergerakan air dari tempat tinggi menuju tempat yang rendah dan terjadi di permukaan bumi.
  • Infiltrasi : air yang ada di bumi karena terjadi proses presipitasi, tidak semua mengalir ke permukaan bumi dan mengalami tahap run off.

Macam-Macam Siklus Hidrologi

  1. Siklus Pendek : Menguapnya air laut menjadi uap gas kaerna panas dari matahari. Setelah itu lalu terjadi kondensasi membentuk awan yang pada akhirnya jatuh ke permukaan laut.
  2. Siklus Sedang : Menguapnya air laut menjadi uap gas karna panas dari matahari. Setelah itu lalu terjadi evaporasi yang terbawa angin lalu membentuk awan turun lah hujan.
  3. Siklus Panjang : Menguapnya air laut menjadi uap gas karna panas dari matahari. Setelah itu lalu uap air mengalami sublimasi membentuk awan yang mengandung kristal es dan pada akhirnya jatuh dalam bentuk salju kemudian akan membentuk gletser yang mencair membentuk aliran sungai dan kembali kelaut.

Kalian bisa Download Materi Kuliah Hidrolika disini Gratis :

Perhitungan Tinggi Muka Air Sungai

Analisa Operasional Waduk

Analisis Banjir Menggunakan Hec-Ras

Analisis Hidrologi dan Kapaistas Drainase

Buku Hidrologi

Resiko Hidrologi dalam analisis Bendung

Materi lainnya

Terima Kasih atas kunjungannya bila ada request atau saran bisa anda sampaikan lewat kolom komentar.

Semoga bermanfaat bagi semua

One thought on “Materi Kuliah Hidrologi [Download Gratis]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *