Green Building Solusi Untuk Bumi yang Semakin Panas!!

Green Building Solusi Untuk Bumi yang Semakin Panas!!

Green Building
Tahun 2010an adalah dekade paling panas bumi. Lalu laporan terakhir menunjukkan bahwa rekor kembali terukir dimana Juli 2017 merupakan waktu terpanas bumi. Bukti demi bukti atas rekor panas bumi semakin mengemuka akibat pengelolaan lingkungan yang tidak “membumi”. Konstruksi gedung sebagai penyumbang terbesar harus segera berbaur dengan bumi.

Dua tahun berturut turut, menjadi rekor terpanas di bumi sejak 137 tahun. Juli 2017, naik 0,83 derajat celcius dibanding tahun 1941 sampai 1980. Nasa mengunakan data dari 6.300 stasiun meteoroligi di seluruh dunia. Termasuk berbasis kapal dan pelampung yang mengukur suhu permukaan lain, sampai stasiun antartika. Ilmuwan Cuaca Gavin Schmidt mengatakan sudah memprediksi 77% kemungkinan panas tahun 2017 akan setara seperti panas di tahun 2016.
16bulan-juli-2017-rekord-terpanas (1)
Dampak dari semakin panasnya bumi dapat kita lihat dan rasakan secara langsung dan tidak langsung. Kita bisa merasakan dari semakin panasnya bumi, es di kutub utara sedikit demi sedikit akan mencair. Bila kutub utara sudah mencair ancamannya tidak main main untuk seorang civil engineering yaitu muka air laut yang akan ikut naik setinggi hingga 7 meter. Itu artinya pesisir pantai, pelabuhan, dermaga, jembatan yang elevasi nya rendah akan tersapu oleh tingginya air laut akibat penyebab menaiknya tinggi muka air akibat mencairnya es kutub utara.

Solusi dari itu semua agar membuat suatu konstruksi bangunan lebih menjadi ramah lingkungan atau lebih berbaur dengan alam. Karena pemanasan global yang sekarang terjadi diakibat kan dari bangunan bangunan pencakar langit yang terbuat dari bahan kaca atau sebagai nya yang dapat memantulkan cahaya/panas matahari jadi menambah panas.
Untuk mengatasi pemanasan global dapat dilakukan nya green building. Green building dapat dicirikan sebagai bangunan yang :

  • Menggunakan energi yang seminimal mungkin.
  • Memanfaatkan ruang alam
  • Menggunakan energi yang dapat diperbaharui
  • Memakai bahan yang bersifat ramah lingkungan
  • Menggunakan bahan atau material yang bersifat reuse, reduce, dan recycle.
  • Sistem gedung yang menghasilkan limbah yang dalam batas toleransi berdasarkan aspek lingkungan hidup.
  • Dll

One thought on “Green Building Solusi Untuk Bumi yang Semakin Panas!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *