Keahlian yang wajib dimiliki Structural Engineering

Keahlian yang wajib dimiliki Structural Engineering

Structural Engineering

Teknik sipil itu cakupannya sangat luas. Sebagai contoh ahli yang merencanakan gedung pencakar langit tentunya memerlukan ilmu yang berbeda jika dibandingkan dengan ahli yang akan merencanakan saluran irigasi.
Structural Engineer merupakan salah satu bagian dalam bidang keahlian Teknik SipilStructural Engineer sangat diperlukan untuk mendesign Struktur suatu kontruksi bangunan. Dizaman sekarang teknologi berkembang pesat, dimana Structural Engineer sendiri harus mengembangkan pula kemampuannya untuk menyesuaikan dengan teknologi sekarang. Berikut merupakan hal-hal baru yang harus dikuasai Structural Engineer dizaman sekarang ini :

1. Keahlian menggunakan software perhitungan struktur

Training Pelatihan SAP 2000, ETABS dan Staad Pro

Sekarang perhitungan struktur lebih utamanya sudah ada software yang membantu Structural Engineer untuk lebih mudah dalam memperhitungkan suatu struktur kontruksi. Tapi Engineer tidak dituntut hanya untuk mengerti saja cara menjalankan software tersebut tetapi harus juga mengerti isi yang ada di software itu dari input – proses – hingga outputnya. software perhitungan struktur seperti. SAP 2000, STAAD pro, ETabs, dll

2. Keahlian menggunakan software gambar bangunan

autocad
Selain software penghitung struktur diatas tadi kini Structural Engineer dapat menggunakan software gambar bangunan. Software ini diperuntukan untuk mendesign gambar bangunan seperti, gedung, jembatan, jalan, dll. Memang biasanya bagian dari design ada bagian nya tersendiri seperti drafter atau arsitek, tetapi seorang Engineer sedikitnya harus paham dan mampu mengoperasikan software ini. karena sekarang software – software seperti, autocad, 3dmax seperti udah menjadi software dasar di dunia keteknik sipilan.

Baca juga:
Software yang harus dikuasai Seorang Teknik Sipil

3.  Keahlian menggunakan software Office

microsoft Office
Hampir semua pengguna mengetahui software ini, Iya Software Office ini memang suatu hal yang wajib ada di setiap komputer kalian. Office memang multifungsi, bisa di gunakan untuk membuat laporan atau mengetik, bisa juga untuk menghitung dan design persentasi. Seorang Structural Engineer pun harus bisa mengoperasikan software ini untuk berbagai kebutuhan bisa untuk membuat laporan perhitungan struktur maupun perhitungannya sendiri dapat dibuat di software ini.
Berikut merupakan beberapa keahlian tambahan yang harus bisa dikuasai oleh seorang Structural Engineer di zaman sekarang, bila ada tambahan dari kalian bisa dicantumkan dikolom komentar untuk nanti ditambahkan kedalam artikel ini. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *