Sejarah Jalan Raya

Sejarah Jalan Raya

jalan

Tidak bisa dipungkiri lagi bawasannya dizaman sekarang jalan merupakan salah satu prasarana transportasi darat yang paling dibutuhkan. Beberapa transportasi darat umumnya kendaraan bermotor memerlukan prasarana jalan untuk media berkendara untuk moda transportasi bermotor. Untuk beberapa orang mungkin sudah tidak menghiraukan lagi kapan jalan raya pertama kali ditemukan, disini penulis akan mengulas sedikit tentang sejarah jalan raya untuk menambah pengetahuan kalian.

Jalan mula mula nya merupakan jejak atau bekas lewatnya orang orang dari satu tempat ke tempat lainnya demi mencukupi kebutuhan hidupnya. Jejak – jejak jalanan orang itu semakin jelas atau menjadi jalan setapak manakala selalu dilalui manusia untuk beraktifitas seperti, mengambil air dari sungai, berdagang, dll. Dengan berkembangnya pemikiran dan pengetahuan manusia mulai lah memanfaatkan tenaga hewan untuk dijadikan moda transportasi pada zaman itu.

Salah satu sumber mengatakan bahwa jalan raya muncul pada 3000 SM. Jalan tersebut masih berupa jalan setapak dengan kontruksi sesuai dengan kendaraan beroda padaknya diduga antara masa itu. Letaknya diduga antara Pegunungan Kaukasus dan Teluk Persia. Dari sejarah perkembangan peradaban manusia dan dari berbagai penemuan para pakar transportasi tentang sejarah perkembangan jalan dapat disusun perkembangan jalan sebagai berikut :

Jalan Mesopotamia-Mesir

Pada masa 3000 SM dibangunlah jalan raya yang menghubungkan Mesopotamia-Mesir. Selain untuk perdagangan, jalan tersebut berguna untuk kebudayaan bahkan untuk peperangan. Jalan utama pertama di kawasan itu, disebut-sebut adalah Jalan Bangsawan Persia yang terentang dari Teluk Persia hingga Laut Aegea sepanjang 2857 km. Jalan ini bertahan dari tahun 3500-300 SM.

Jalan Tanah Asli dilapisi Batu Kapur

Konstruksi jalan yang terdiri dari tanah asli dilapisi dengan batu kapur dan ditutup dengan batu bata ditemukan diantara Babilonia hingga Mesir yang diperkirakan dibangun 2500-2568 SM oleh raja Cheope yang berfungsi untuk mengangkut batu-batu besar dalam membangun Great Pyramid.

BACA JUGA, Perencanaan Irigasi

Jalan yang Diperkeras Dari Batu

Permukan jalan yang diperkeras dari batu – batuan ini ditemukan dipulau Crate (Kereta) Yunani yang dibuat kurang lebih 1500 SM.

Jalan yang Berlapis

Diwilayah Babilonia ditemukan permukaan jalan yang dibuat berlapis-lapis yaitu dari lapisan tanah dasar yang diatasnya disusun lapisan batu-batu besar, batu beronjol dicampur mortar, batu kerikil dan kemudian ditutup dengan batu Plat.

Penemuan Aspal

Pada masa Kekaisaran Romawi yang mengalami kejayaan dalam membangun jalan pada tahun 753- 476 SM. Penemuan danau aspal Trinidad oleh Sir Walter Religh Tahun 1595, dimana dengan bahan temuan tersebut dapat dipergunakan untuk memperkeras lapisan permukaan jalan.

Jalan Batu Pecah

Pierre Marie Jereme Tresaquet dari Perancis memperkenalkan konstruksi jalan dari batu pecah pada periode th 1718 – 1796.

Konstruksi Perkerasan Jalan

Metode perinsip desak diperkenalkan oleh orang Scotlandia yaitu pada tahun 1790 yaitu Thomas Telford, yaitu suatu konstruksi perkerasan jalan yang dibuat menurut jembatan lengkung dari batu belah, serta menambahkan susunan batu – batu kecil diatasnya.

Jalan Beton

Di Skotlandia, hadir jalan beton yang dibuat dari semen portland pada 1865. Sekarang banyak jalan tol dengan konstruksi beton (tebal minimum 29 cm) dan tahan hingga lebih dari 50 tahun serta sangat kuat sekali memikul beban besar.

Dari perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, jalan terus berinovasi. Sekarang sudah ada jalan yang dapat menyerap air lebih cepat dan jalan yang dicampur dengan campuran sampah demi meminilimasir sampah yang begitu banyaknya. Mungkin akan ada lagi inovasi inovasi kedepannya, atau mungkin anda sendiri yang akan membuat inovasi tersebut. Sekian tentang sejarah jalan yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. TerimaKasih

2 thoughts on “Sejarah Jalan Raya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *