Software yang Harus Dikuasai Seorang Teknik Sipil

Software yang Harus Dikuasai Seorang Teknik Sipil

SAP 2000, ETABS dan Staad Pro Teknik sipil

Dizaman sekarang penggunaan software sangat dominan dibeberapa kalangan. Terlebih berkembang nya teknologi semua pekerjaan dibuat simulasi nya dengan software. Software dibuat demi menunjang kehidupan manusia untuk mempermudah suatu pekerjaan yang dikerjakan.

Penguasaan terhadap software adalah tuntutan utama bagi dunia kerja saat ini tidak terkecuali para insinyur teknik sipil. Bagi mahasiswa teknik sipil pastinya tahu bahwa persaingan dan tuntutan profesi setelah lulus begitu ketat, jadi selama masih kuliah Kalian harus mempersiapkan diri dengan baik kesempatan untuk memepelajari software – software teknik sipil.

Maka dari itu kalian sebagai penerus bangsa harus menguasi beberapa software inti yang sering digunakan/ yang dibutuhkan sebagai seorang insinyur teknik sipil/ Civil Engineering. Beberapa software yang dibuat sengaja dirancang untuk mempermudah pengerjaan seorang teknik sipil seperti, menggambar, menghitung struktur, dsb. Berikut merupakan beberapa software yg wajib kalian kuasai untuk menjadi seorang teknik sipil :

  1. AutoCAD

autocad

sebuah program aplikasi ( software ) yang digunakan untuk menggambar dan mendisain gambar, seperti gambar arsitektur, mesin, sipil, elektro dan lain-lain, di mana program AutoCAD mempunyai kemudahan dan keunggulan untuk membuat gambar dengan cepat dan akurat serta bisa digunakan untuk memodifikasi gambar dengan cepat pula. Fasilitas yang dimiliki AutoCAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi sangat lengkap, sehingga hal ini membawa AutoCAD menjadi program disain terpopuler dibandingkan dengan program-program yang lain dewasa ini.

Read More

2. SAP 2000

SAP

Software yang berasal dari Universitas of California at Berkeley, USA pada tahun 1970, pada tahun selanjutnya SAP mengalami perkembangan yang cukup berarti bagi perkembangan teknologi informasi, SAP yang under DOS hingga sekarang sudah sampai ke SAP yang Under Window, maka untuk keperluan komersial dari program SAP pada tahun 1975 dibentuklah perusahaan Komputer yang dikenal dengan nama CSI (Computer and structure,Inc).

Read More!

9 thoughts on “Software yang Harus Dikuasai Seorang Teknik Sipil

    1. Saya pikir software adalah perangkat lunak untuk memproses perhitungan agar lebih cepat dan akurat dan menghindari kemungkinan kesalahan dalam operasi aljabar kalau kita hitung secara manual.
      Namun yang tidak kalah penting adalah penguasaan dan pemahaman mengenai teori structure agar jangan sampai salah dalam memasukkan input data.

  1. Ping-balik: SAP 2000 - Elmu Sipil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *