Pengertian Aplikasi AutoCAD

Pengertian Aplikasi AutoCAD

AutoCAD adalah

AutoCAD adalah sebuah program aplikasi yang digunakan untuk menggambar dan mendisain gambar, seperti gambar arsitektur, mesin, sipil, elektro dan lain-lain. Karena program ini mempunyai kemudahan dan keunggulan untuk membuat gambar dengan cepat dan akurat. Fasilitas yang dimiliki AutoCAD untuk menggambar 2D dan 3D sangat lengkap, sehingga hal ini membawa Auto CAD menjadi program disain terpopuler dibandingkan dengan program-program yang lain dewasa ini.

Istilah AutoCAD berasal dari kata Auto dan CAD yang merupakan kepanjangan dari Computer Aided Design (Merancang dengan bantuan komputer) atau Computer Aided Drawing (Menggambar dengan bantuan Komputer). 

Bagi orang teknik, keberadaan autoCAD sangat penting guna menunjang pekerjaannya. Semua kelemahan menggambar secara manual dapat teratasi oleh CAD, Karena gambar yang dihasilkan sangat rapih jika dibandingkan dengan menggambar menggunakan kertas gambar.

Keuntungan

Keuntungan Menggambar menggunakan AutoCAD :

  1. Menggambar lebih fleksibel.

Aplikasi ini membuat kita menggambar lebih mudah dan simple. Jika menggambar menggunakan kertas, kita perlu tempat gambar yang lebar, menggunakan berbagai alat gambar, jika terjadi kesalahan harus menghapus sehingga membuat kertas gambar kotor, dan kita perlu dana tambahan untuk menggandakan gambar yang kita buat. Dengan Autocad gambar yang dihasilkan optimal. Kita juga dapat menyimpan hasil yang dapat dimodifikasi kapanpun..

  1. Proses menggambar lebih cepat

Dengan Software ini proses menggambar lebih cepat karena kita dapat menyalin objek – objek gambar yang sejenis ke tempat lain. Kita tidak perlu mengambar berulang kali seperti kita menggambar dengan kertas gambar.

Baca Juga Cabang – Cabang Ilmu Teknik Sipil

  1. Hasil gambar lebih rapih

Dengan Aplikasi ini jika terjadi kesalahan dapat dikembalikan ke perintah sebelumnya sehingga gambar yang dihasilkan rapih dan bersih.

Pada proses menggambar dengan Aplikasi ini dikenal istilah gambar 2D dan 3D. Program AutoCAD 2D adalah program yang bisa memperlihatkan penggambaran hanya searah sumbu X dan sumbu Y. Jadi kita hanya dapat melihat gambar dalam satu arah pandangan atau sudut saja, apakah pandangan atas, pandangan bawah, samping atau pandangan depan saja.

4 thoughts on “Pengertian Aplikasi AutoCAD

  1. Ping-balik: Plaxis - Elmu Sipil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *